Minggu, 26 September 2010

- Persiba Imbangi Persibo

Kediri - Persibo Bojonegoro mengawali kiprahnya di Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 dengan catatan kurang manis. Melawan Persiba Balikpapan di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (26/9/2010), tim pemegang gelar juara Divisi Utama 2009/2010 tersebut hanya mampu meraih hasil imbang 1 - 1.

Gol untuk Persibo diciptakan oleh Samsul Arif pada menit ke 55, sementara penyeimbang tim tamu dibuat oleh Sultan Sama padameit ke 67.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit tanda dimulainya pertandingan ditiupkan wasit Wahadi asal Demak, Jawa Tengah, kedua tim tampak bermain sangat hati-hati. Persibo yang bertindak sebagai tuan rumah lebih banyak memainkan bola di tengah lapangan dan hanya sesekali melakukan serangan melalui dua sayapnya, M.Irfan dan Slamet Nurcahyono.

Sementara Persiba justru tampil lebih buruk, karena duet playmaker Robertino Plugiara dan Kim Jon Hee tidak bisa menyupali umpang matang kepada Aldo Bareto yang dilepas sendiri di lini depan.

Peluang pertama didapatkan Persibo pada menit ke 12. Bola muntah hasil sepakan M.Irfan diterima Samsul Arif, namun gagal berubah menjadi gol karena tendangan mantan pemain Persela Lamongan tersebut justru melebar dari sasaran. Peluang yang hampir sama datang pada menit ke 14 melalui kapten Viktor Rodrigues da Silva. Namun lagi-lagi penyelesaian yang buruk menjadikan skor belum berubah.

Empat menit berselang giliran Persiba yang membuka peluang membuka keunggulan. Edi Gunawan yeng lepas dari kawalan di dalam kotak penalti melakukan tendangan, namun juga gagal berujung pada terjadinya gol karena melambung tinggi di atas mistar gawang.

Persibo mengulangi peluangnya merubah skor pada menit ke 35, dan kembali dari kaki Viktor da Silva. Mendapatkan umpan datar dari Muhammad Hamzah, dia lantas melakukan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Sayang, bola bukannya masuk ke gawang, namun membentur kaki pemain lawan dan bola langsung dikuasai I Made Wiryawan.

Sebelum berakhirnya babak pertama Persiba sempat memberikan ancaman. Pugliara yang lepas dari kawalan langsung menerobos ke dalam kotak penalti, namun kembali gagal mencetak goil karena tendangan plecing yang dilakukannya tipis diatas mistar gawang Persibo. Hingga berakhirnya babak pertama skor bertahan imbang 0 - 0.

Usai restart Persiba mengambil inisiatif serangan, dengan memeragakan permainan cepat melalui umpan- umpan pendek. Meski demikian justru Persibo yang membuka peluang. Pelanggaran terhadap M.Irfan sedikit diluar kotak penalti berujung pada hadiah free kick. Sayang, Viktor da Silva yang menjadi penendang justru melambungkan bola tinggi di atas jala lawan.

Persiba membuka peluangnya di babak kedua pada menit ke 54. Berawal dari solorun yang dilakukan Sultan Sama, bola lantas dikirimkan ke Robertino yang berdiri bebas di dalam kotak penalti. Sayang, tendangan salto yang dilakukan mantan pemain Persija Jakarta tersebut tepat dipelukan penjaga gawang Syaifudin.

Semenit berselang Persibo membuka keunggulannya melalui kaki Samsul Arif. Mendapatkan umpan datar dari pemain belakang, pemain bertubuh mungil tersebut lantas melakukan solorun hingga memasuki kotak penalti, dan mengakhirinya dengan tendangan keras mengecoh penjagaan I Made Wiryawan. Menit ke 55 skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal 1 gol Persiba melakukan perubahan. Edi Gunawan yang kurang berkembang di lini depan ditarik keluar dan digantikan oleh Eky Nurhakim. Perubahan ini berbuah manis, karena tim berjuluk Selicin Minyak tersebut langsung bisa mencetak gol penyeimbang. Bermula dari sekerumit di depan gawang, Sultan Sama yang mendapatkan umpan dari Aldo Bareto langsug melepaskan tendangan keras menjebol jala Syaifudin. Menit ke 67 skor imbang 1 - 1.

Masuknya Eky Nurhamim seakan membawa aura positif bagi Persiba, karena berulang kali kerjasamanya dengan pemain depan mampu menciptakan peluang. Salah satunya pada menit ke 72, saat Aldo Bareto berhasil melepaskan tendangan keras, setelah mendapatkan umpan matang darinya. Sayang, tendangan itu tidak berakhir menjadi sebuah gol karena bola membentur mistar gawang dan melambung meninggalkan lapangan.

Sementara Persibo di 15 menit terakhir sisa pertandingan babak kedua, terus berusaha menambah gol untuk bisa meraih kemenangan. Sayang, Persiba yang yang tak ingin menuai kekalahan di laga perdananya bisa memberikan perlawanan, sehingga skor sama kuat tetap bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit Wahadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar