Rabu, 01 September 2010

- Persebaya Gunakan Dana Talangan Untuk Bentuk Tim

Pengurus Persebaya Surabaya menggunakan dana talangan dari pihak ketiga untuk mengontrak pemain dan membentuk tim, guna persiapan menghadapi kompetisi Divisi Utama 2010/2011.

Ketua Umum Persebaya Saleh Ismail Mukadar kepada wartawan di Surabaya, Selasa, mengatakan sebagian dana talangan itu juga sudah digunakan untuk mengikat beberapa pemain yang telah sepakat bergabung.

"Saya tidak perlu sebut berapa jumlah dana talangan itu, yang pasti cukup untuk membentuk tim dan membayar uang muka kontrak pemain sebesar 25 persen," katanya usai memperkenalkan pelatih Aji Santoso sebagai pelatih baru.

Sejumlah pemain musim lalu yang sudah sepakat gabung Persebaya, antara lain Taufiq, Andik Vermansah, Mat Halil, Endra Prasetya, dan Juan Marcelo Cirelli. Sedangkan pemain baru yang kabarnya akan direkrut adalah Johan Ibo dan Erol Iba.

Saleh Mukadar mengakui pihaknya masih memiliki tunggakan utang berupa gaji dan uang kontrak kepada beberapa pemain musim lalu yang kini hengkang ke klub lain.

Pelunasan tunggakan tersebut masih harus menunggu pencairan dana bantuan APBD melalui KONI Kota Surabaya yang dinilainya sekitar Rp8,9 miliar.

"Dana APBD untuk Persebaya itu sudah ada di KONI, cuma belum bisa dicairkan sekarang. Nanti kalau sudah cair, kami akan selesaikan tunggakan itu," ujar Saleh Mukadar.

Ia menambahkan pengurus Persebaya kini juga menanggung beban utang yang cukup besar kepada pihak ketiga, untuk operasional tim saat berlaga di Liga Super musim lalu akibat belum cairnya dana APBD tersebut.

KONI Surabaya belum bersedia mencairkan dana APBD untuk Persebaya, karena adanya konflik dualisme kepengurusan di Pengurus Cabang PSSI Surabaya.

"Kendati saat ini kami punya dana talangan yang cukup banyak, tapi tidak sepeser pun kami gunakan untuk membayar tunggakan kepada pemain. Dana talangan itu khusus untuk bentuk tim," tegas Saleh Mukadar.

Mantan manajer Persebaya itu menambahkan kendati timnya berlaga di kompetisi Divisi Utama, namun materi pemain yang direkrut tetap sekelas tim Liga Super.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar