Selasa, 07 September 2010

- Dua Pemain Sriwijaya FC Tidak Punya ITC

Dua pemain asing Sriwijaya FC di musim kompetisi 2010-2011 Julio Cesar Mendes Moreire dan Claudiano Alves dos Santos diakui manajemen klub PT Sriwijaya Optimis Mandiri belum mengantongi "International Transfer Certificate".

Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid di Palembang, Selasa, mengatakan, meskipun demikian kedua pemain itu telah didaftarkan bersama 23 pemain lainnya ke PT Liga Indonesia secara online pada 1 September 2010.

"PT LI tidak mempermasalahkan karena berkas ITC dapat disusulkan, yang penting sudah mendaftar dulu. Hanya saja kita dikejar waktu karena laga perdana Liga Super dimulai 26 September 2010," kata Faisal.

Dia mengatakan, saat ini kedua pemain itu sedang mengurus ITC dengan klub asal dan kemungkinan dalam dua pekan ke depan akan rampung.

"Kedua pemain ini untuk kali pertamanya bermain di Indonesia, jadi tidak seperti pemain lain yang sejak beberapa musim lalu sudah main di Indonesia. Sehingga, harus mengurus berkas dari tahap awal," ucap dia.

Dia menuturkan, Claudiano masih harus berurusan dengan klub asalnya Olimpik Baku (Ajerbaizan), sementara Julio Cesar masih menunggu keterangan dari Metalurh Donestk (Ukraina), klub lamanya.

"Saat ini ITC kedua pemain itu sedang diurus oleh agennya. Cepat atau lambatnya semua tergantung dengan agen mereka," ucap dia.

Dia menjelaskan, ITC adalah salah satu syarat penting bagi seorang pemain asing untuk bisa diturunkan dalam pertandingan resmi.

"ITC adalah pernyataan resmi dari klub lama bahwa pemain yang dipakai SFC sudah berpindah klub, dan harus disyahkan oleh organisasi sepakbola negara setempat," ucap dia.

Selain harus menyertakan ITC, klub yang memakai jasa pemain asing juga harus melampirkan formulir data individu pemain, formulir data kolektif pemain, kontrak pemain, dan foto copy paspor serta Kitas (surat izin tinggal terbatas di Indonesia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar