Senin, 13 September 2010

- Kolev Fokus Benahi Fisik Penggawa Sriwijaya FC

Pelatih anyar Sriwijaya Football Club Ivan Kolev mengatakan akan fokus pada kondisi fisik pemain untuk pekan pertama pemusatan latihan di Malang, 13 September-4 Oktober 2010.

"Saya akan mengembalikan kondisi fisik pemain dulu di pekan pertama, kemudian pada pekan berikutnya akan dikombinasikan dengan latihan taktik dan strategi," kata Kolev yang dihubungi dari Palembang, Minggu.

Dia mengatakan, hal itu dilakukan karena sebulan lalu para pemain SFC menjalankan ibadah puasa.

"Sebulan lalu, saya tidak bisa terlalu memforsir tenaga pemain karena mereka sedang berpuasa. Tapi, setelah puasa usai, inilah kesempatan saya menggenjot fisik mereka," kata pelatih asal Bulgaria ini.

Menurut dia, terjadi penurunan kondisi fisik yang cukup signifikan dari pemainnya saat berlatih dalam kondisi berpuasa.

"Para pemain umumnya bagus di 30 menit pertama saja saat berlatih, setelahnya terlihat kondisi fisik mereka menurun. Namun, seusai puasa ini hal tersebut tidak ditolerir lagi," ujar dia.

Dia menginformasikan, para pemain SFC sudah harus di Malang, Senin (13/9), karena pada sore harinya akan menjalankan latihan perdana usai lebaran.

"Para pemain sudah libur cukup lama terhitung 7 September lalu. Waktu enam hari tidak latihan sudah cukup untuk mempengaruhi kondisi fisik pemain, sehingga saya harus gerak cepat untuk mengembalikannya," kata dia.

Menurut dia, ketahanan fisik adalah bagian yang sangat penting bagi pesepak bola.

"Saya sangat perhatian sekali dengan fisik pemain. Itulah latihan yang saya berikan memang berat untuk pemain," kata dia.

Selama berada di Malang, SFC rencananya akan menjalani uji coba dengan beberapa klub di sana.

Manajemen SFC mengirimkan tim untuk menjalani TC di Malang karena pada 25 September akan berhadapan dengan Arema Indonesia di ajang Community Shield.

"Konsen saya adalah menyiapkan tim sematang mungkin sebelum ajang Liga Super bergulir," kata Kolev.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar