Minggu, 30 Januari 2011

- Liga Super: Balikkan Keadaan, Persipura Mantap di Puncak

Tim Persipura Jayapura semakin memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara Liga Super Indonesia setelah dengan susah payah berhasil mengalahkan tamunya Sriwijaya FC 3-2 di stadion Mandala Jayapura, Minggu.

Pertandingan babak pertama yang dipimpin wasit Setiyono dari PSSI berlangsung sengit dan saling jual beli serangan dengan tempo yang relative cepat. Sriwijaya yang bertindak sebagai tim tamu terlihat lebih banyak dibuat bertahan.

Tak ingin malu di depan publiknya, Persipura yang kembali diperkuat kapten tim yang juga top skor sementara Liga Super Indonesia (LSI), Boaz Sollosa, mulai menyerang pertahanan tim tamu Sriwijaya FC yang dikawal ketat para pemainnya.

Boaz dan Rahmat Rivai yang dipasang pelatih Jaksen Tiago sebagai penyerang depan membuat pemain belakang tim tamu tampak kewalahan. Baru di menit ke-19, berawal dari umpan yang dilepaskan Boaz, Rahmat Rivai yang mengontrol bola dilanggar pemain belakang Sriwijaya sehingga wasit menunjuk titik putih tanda penalti.

Boaz Solossa yang menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Dengan sempurna ia mampu mengecoh penjaga gawang Ferry Rotinsulu sehingga mengubah skor menjadi 1-0. Usai gol tercipta banyak peluang yang dibuat Persipura namun kurang maksimal dalam penyelesaian akhir.

Keasyikan menyerang, pendukung Persipura justru dibuat diam dengan gol balasan Sriwijaya FC lewat sundulan pemain asal Papuanya, Oktovianus Maniani menit ke-41. Kedudukan imbang 1-1 itu menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak ke-dua, Persipura yang memburu kemenangan tampak lebih banyak melakukan penyerangan. Pelatih Jaksen Tiago bahkan mengganti Rahmat Rivai dengan Lukas Mandowen untuk menambah daya serang tim.

Keasyikan menyerang, Justru gawang Persipura dibobol oleh pemain Rudi Widodo menit ke-64 lewat serangan balik cepat. Tertinggal satu gol, pelatih Jaksen Tiago kembali melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Tinus Pae dan Johanis Tjoe menggantikan Gerald Pangkali dan Imanuel Wanggai.

Hasilnya, kerjasama Lukas Mandowen dan Boaz Sollosa berhasil menjadi gol setelah Tinus Pae yang berdiri bebas, sukses mengecoh Ferry Rotinsulu dimenit ke-84.

Gol kemenangan tuan rumah Persipura terjadi tiga menit berikutnya, setelah pemain bertubuh mungil tuan rumah, Lukas Mandowen melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti yang gagal ditepis penjaga gawang.

Kedudukan 3-2 bagi keunggulan Persipura bertahan hingga wasit meniup peluit tanda akhir pertandingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar