Minggu, 30 Januari 2011

- Figo: Kerja Keras, Kunci Bermain di Eropa

Sebuah petuah berharga dilontarkan Luis Figo bagi para pemain Indonesia yang bermimpi bermain di liga-liga Eropa. Menurut Figo, kerja keras adalah kunci apabila ingin menaklukkan kompetisi terbaik dunia itu.

"Saat ini, kompetisi di Eropa bisa dikatakan merupakan yang terbaik di dunia. Karena itulah kerja keras mutlak dibutuhkan apabila ingin bisa menembusnya," ungkap Figo.

"Untuk bisa bersaing, Anda harus berlatih keras untuk bisa meningkatkan level permainan."

Lebih lanjut, Figo menyatakan bahwa setelah bisa menembus Eropa ada satu permasalahan lagi yang kemungkinan besar bakal menghadang. Awal-awal kepindahan, pasti merupakan saat yang sangat berat bagi seorang pemain.

"Selain masalah homesick, para pemain juga harus menghadapi suasana yang sama sekali baru."

"Mereka harus mampu beradaptasi dengan hal itu. Karena itulah, selain kemampuan yang bagus, para pemain juga harus memiliki kepribadian yang kuat agar bisa sukses bermain di luar negeri, khususnya kompetisi Eropa," tandas pemain asal Portugal itu.

Nama Luis Figo sendiri telah melegenda di dunia sepak bola Eropa. Memulai karir klub pujaan masa kecilnya, Sporting CP, Figo muda telah menarik minat Barcelona. Figo akhirnya hijrah ke Barca di tahun 1995 dan memulai karir cemerlangnya di klub Catalan tersebut.

Ironisnya lima tahun berselang, Figo memutuskan membelot ke musuh bebuyutan Barca, Real Madrid. Bahkan kini dirinya dianggap sebagai icon dan duta El Real. Figo menutup lembaran cemerlang karirnya dengan pindah memperkuat Inter Milan dan memutuskan pensiun di tahun 2008 di klub yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar