Selasa, 17 Agustus 2010

- Turnamen Liga Jatim Resmi Diumumkan

BB - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf meluncurkan turnamen pemanasan pramusim Liga Jatim 2010 mulai 21 Agustus hingga 5 September mendatang.

Acara peluncuran turnamen tahunan itu dilakukan di sela-sela penutupan Rapat Kerja Daerah Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jatim di Lamongan, Senin.

Dalam sambutannya, Saifullah Yusuf berharap turnamen Liga Jatim mampu menjadi ajang pembinaan sekaligus meningkatkan prestasi tim-tim sepak bola Jatim di berbagai kompetisi nasional.

"Syarat agar prestasi lebih berkembang, semua tim harus terus memupuk rasa persaudaraan, mulai dari pemain, pelatih, ofisial, hingga suporter," ujarnya di hadapan perwakilan peserta turnamen.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim ini, menambahkan seluruh tim peserta jangan hanya sekadar mengejar kemenangan, tetapi juga menjaga persaudaraan.

Ketua Umum Pengprov PSSI Jatim Haruna Soemitro menambahkan turnamen ini harus dimanfaatkan secara maksimal oleh tim-tim Jatim, untuk pembentukan tim menghadapi kompetisi sepak bola musim 2010/2011.

"Jangan hanya jor-joran prestasi di turnamen ini, tetapi saat kompetisi resmi prestasinya justru hancur. Manfaatkan turnamen ini untuk seleksi pemain dan pemantapan tim," ujarnya.

Sekretaris Umum Pengprov PSSI Jatim Joko Tetuko menjelaskan turnamen Liga Jatim akan dibagi dalam tiga grup dan diikuti tim-tim divisi utama serta Liga Super Indonesia.

Empat tim terbaik yang lolos semifinal akan dipertemukan dengan empat tim tamu undangan PSSI Jatim di turnamen Piala Pakde Karwo-Gus Ipul (sapaan karib Gubernur Jatim Soekarwo dan Wagub Saifullah Yusuf).

"Empat tim tamu yang sudah memberikan konfirmasi untuk ikut, adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, dan Persipura Jayapura," katanya.

Ia menambahkan total hadiah yang diperebutkan di Liga Jatim sebesar Rp300 juta, sedangkan turnamen Piala Pakde Karwo-Gus Ipul menyediakan hadiah Rp1 miliar.

Selain kedua turnamen tersebut, juga digelar perebutan Piala KONI Jatim yang pesertanya terdiri dari tim-tim divisi satu nasional di Jatim.

Berikut pembagian grup Liga Jatim 2010: (tim disebut pertama sebagai tuan rumah)
Grup 1: Persela Lamongan, Pro Duta, Persikubar Kutai Barat, Gresik United
Grup 2: Deltras Sidoarjo, Persema Malang, Persipro Probolinggo, Persebaya Surabaya
Grup 3: Persik Kediri, PSBI Blitar, Mojokerto Putra, Persibo Bojonegoro

Pembagian grup Piala KONI Jatim: - Grup A: Persewangi Banyuwangi, Persepam Pamekasan, Persid Jember
Grup B: Madiun Putra, Persedikab Kediri, PSBK Kota Blitar, Persida Sidoarjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar