Selasa, 05 Oktober 2010

- Jelang Indonesia vs Uruguay
'Pemain Naturalisasi Demi Prestasi'

Jakarta - Sebanyak empat orang pemain keturunan akan memperkuat timnas Indonesia menghadapi Uruguay. Menurut Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Iman Arief, ini dilakukan untuk mengatrol prestasi Indonesia dengan cepat.

Ada empat pemain naturalisasi yang akan bermain memperkuat Indonesia menghadapi Uruguay hari Jumat (8/10/2010) mendatang. Mereka adalah Jhonny Rudolf van Beukering dan Sergio Van Dijk yang berposisi sebagai striker, serta Rafael Guillermo Eduardo Maitimo yang berposisi gelandang.

Satu orang lainnya, Jeffry de Vischer, batal tampil akibat cedera. Posisinya akan digantikan oleh Tobias Waisapy yang berposisi bek.

"Timnas Indonesia yg keturunan akan datang besok pagi. Kemungkinan semua bisa main lawan Uruguay. Tapi ada satu, Jeffry, mengalami cedera hamstring. Jadi, dia diganti oleh Tobias Waisapy, dia posisinya defender dari FC Excelsior Belanda. tingginya 177 cm," ungkap Iman.

Iman kemudian menjawab kritikan terkait pemain naturalisasi ini. Banyak yang menilai bahwa sebenarnya Indonesia tak kekurangan pemain-pemain asli yang sama kualitasnya.

"Ini bukan hanya terjadi di neara kita. Di Jerman Boateng juga bisa milih apakah mau pake paspor Ghana atau Jerman. Soal pemain-pemain ini bisa dirasa nasionalisme mereka dan mereka mau bermain untuk kita, serta klub mereka sudah mengizinkan."

"Kita butuh menambah kekuatan untuk formasi terbaik. dan kita cari yang keturunan. Sekarang tergantung pemerintah mau mempermudah program naturalisasi mereka atau tidak."

"Kalau ditanya, kita mau mendahulukan prestasi atau pembinaan, pasti prestasi duluan lah. Itu adalah salah satu program jangka pendek kita," tuntasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar