Sabtu, 04 Desember 2010

- Preview: Pertahankan Winning Team

Indonesia dipastikan tidak akan mengubah komposisi pemain mereka saat menghadapi Laos dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF Suzuki 2010 malam nanti Sabtu (04/11).

Kemenangan melawan Laos adalah hal yang harus diraih Indonesia guna memastikan diri menggenggam tiket ke babak berikutnya. Sebab, di laga terakhir yang akan berlangsung Selasa (7/12) nanti, perjuangan tim Garuda akan terasa berat. Mereka harus berduel dengan Thailand yang merupakan tim kuat di Asia Tenggara.

Alfred Riedl tidak akan mengambil resiko dengan merotasi pemain yang sukses mengganyang Malaysia 5-1 dalam laga perdana penyisihan grup Selasa lalu. Di samping mental bertanding tim Garuda yang sedang tinggi usai kemenangan besar tersebut, hal itu juga diputuskannya usai melihat video rekaman antara Laos dan Thailand. Terlebih tidak ada skuad Indonesia yang cedera, hanya Arif Suyono yang sedikit mendapatkan masalah.

Pelatih asal Austria itu mengakui ia akan mewaspadai serangan balik yang dilancarkan Laos sangat berbahaya, seperti yang mereka tunjukkan saat melawan tim asuhan Boby Robson itu. Ia juga mewaspadai dua pemain Laos yang berbahaya yakni Lamnao Singtodan striker Khamphen Sayavutthi Sayavutthi.

Riedl sebelumnya sempat ingin mengubah komposisi pemainnya karena ia menilai ada beberapa pemainnya yang dianggap kelelahan dan menderita kram dalam laga melawan Malaysia. Namun, ia yang pernah menangani Laos selama enam bulan di tahun lalu, dan sempat mengalahkan tim Indonesia U-23 2-1 di ajang SEA Games, merasa hal tersebut tidak perlu ia lakukan.

Asisten pelatih, Wolfgang Pikal membenarkan bahwa hampir semua pemain tampil sangat bagus saat berhadapan Malaysia, sehingga kalau pun ada perubahan formasi kemungkinan hanya satu-dua pemain. "Malah kemungkinan besar tak akan ada perubahan dalam susunan pemain yang diturunkan sejak awal. Itu disebabkan semua pemain dinilai bermain sangat baik saat laga melawan Malaysia," tegas Pikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar