Selasa, 07 Desember 2010

- Preview: Cadangan Buru Kemenangan

Indonesia akan menghadapi Thailand dalam laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF Suzuki 2010 Rabu (07/12) di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hasil apa pun yang diraih tim Garuda nanti tidak akan berpengaruh bagi lolosnya Indonesia ke babak selanjutnya dan tetap maju sebagai juara grup, karena hanya tim nasional kita sajalah yang berhasil meraih kemenangan dua kali di Grup ini. Sementara Thailand, mereka dituntut untuk menang dalam laga ini jika mereka ingin menjadi pendamping Indonesia di babak semi final.

Thailand sebenarnya adalah tim terkuat di Asia Tenggara dan memiliki tradisi juara di ajang ini. Dari 7 kali ajang ini digelar sejak 1996, mereka berhasil mencatatkan diri sebagai juara Piala AFF ini sebanyak 3 kali, dan tampil di final sebanyak 6 kali. Namun, untuk tahun ini, kejayaan Thailand agak sedikit meredup, berbeda dengan Indonesia yang meraih kemenangan 2 kali dari dua laga penyisihan grup, tim Negeri Gajah Putih ini hanya bermain seri di dua laga mereka.

Sang pelatih Bryan Robson tetap optimis mereka mampu lolos ke babak berikutnya, yang itu berarti ia juga yakin anak asuhnya mampu mengalahkan Indonesia di kandang Garuda.

Kepercayaan diri pelatih asal Inggris itu cukup beralasan, sebab di samping rekor pertemuan yang memihak mereka, dua pemain Thailand pernah bermain di Liga Super Indonesia dan sepertinya paham betul bagaimana permainan tim Garuda. Kiper Sinthaweechai Hathairattanakool dan gelandang Suchao Nutnum musim lalu adalah rekan setim dari Maman Abdurrahman di Persib Bandung.

Dua pemain penting mereka, Teeratep Winothai dan Therdsak Chaiman serta bek sayap yang sering melakukan overlap membahayakan, Suree Sukha, menjadi pemain kunci permainan Gajah Putih dan harus diwaspadai pergerakannya oleh tim Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar